Translate

Karya Tuhan Dalam Hidup Kita

Karya Tuhan dalam hidup kita ~ “Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya” Mazmur 139:13-16.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Apa saja karya Tuhan dalam hidup kita?” Berdasarkan firman Tuhan yang saya kutip di atas, maka ada bebera hal yang bisa kita pahami tentang karya Tuhan dalam hidup kita, yaitu:

1. Tuhan adalah pencipta kita.
Karya Tuhan dalam hidup kita ialah bahwa Dialah yang menciptakan kita. Pemazmur menegaskan demikian: “Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya”. Berdasarkan bagian firman Tuhan tersebut, maka kita dapat mengetahui bahwa kita ini dibentuk oleh tangan Allah yang maha kuasa, maha suci, maha agung dan maha mulia. Itulah keajaiban karya Tuhan di dalam menciptakan kita. Kita tidak terjadi dengan sendirinya atau kita tidak terjadi karena proses evolusi sebagaimana teori Darwin. Tetapi kita diciptakan oleh Tuhan.

2. Tuhan mengenal siapa kita.
Karya Tuhan dalam hidup kita ialah bahwa Dia mengetahui tentang kita. Tidak ada di antara kita yang tidak diketahui oleh Tuhan. Tidak ada yang tersembunyi bagi Tuhan. Semua terbuka di hdapan-Nya. Pemazmur menegaskan bahwa: “Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah”.


Dengan demikian, tidak ada di antara kita yang bisa melarikan diri dari Tuhan. Tiadak ada dari antara kita yang bisa menyembunyikan diri dari Tuhan. Pengenalan Tuhan atas kita sangat sempurna. Tidak ada yang dapat menghalangi Tuhan untuk mengenal kita, sekalipun kita ada di tempat yang menurut kita tersembunyi, Tuhan mengenal kita.

3. Tuhan mempunyai rencana bagi hidup kita.
Karya Tuhan dalam hidup kita ialah bahwa Dia memperhatikan totalitas hidup dan kebutuhan kita. Tuhan memperhatikan semua hal di dalam hidup kita. Tidak ada satu peristiwa atau kejadian di hidup kita bisa lepas dari perhatian Tuhan. Dia menaruh perhatian penuh atas kehidupan kita. Pemazmur menegaskan demikian: “Mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya”.

Semua detail hidup kita sudah dirancang oleh Tuhan. Di dalam maps atau peta Tuhan sudah ada rencana bagi hidup kita. Oleh karena itu, kita tidak bisa hidup terlepas dari rencana Tuhan bagi hidup kita. Tuhan tidak pernah gagal dalam melaksanakan rencana-Nya bagi hidup kita. Jadi, marilah kita tetap mengikuti pimpinan dan rencana Tuhan bagi hidup kita dan ketahuilah bahwa rencana Tuhan bagi kita ialah rencana yang penuh bahagian hari depan yang penuh harapan.