Translate

Makna Perjamuan Kudus

Makna perjamuan kudus ~ 1 Korintus 11:23-26. Perjamuan Kudus atau Perjamuan Tuhan dalam perspektif Alkitab merupakan perintah langsung dari Tuhan Yesus kepada para murid-Nya untuk dilakukan dalam persekutuan atau ibadah umat-Nya. Perjamuan Kudus atau Perjamuan Tuhan merupakan satu dari dua sakramen yang diakui oleh Gereja Protestan. Inilah yang membedakan dengan sakramen dalam perspektif Gereja Roma Katholik. Pelaksanaan Perjamuan Kudus atau Perjamuan Tuhan antara gereja yang satu dengan gereja yang lain tidak sama. Terjadinya hal ini karena Alkitab sendiri tidak memberi penjelasan kapan sebenarnya Perjamuan Kudus atau Perjamuan Tuhan dilaksanaka. Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: "Apa sesungguhnya makna Perjamuan Kudus atau Perjamuan Tuhan bagi Gereja?" Perjamuan Kudus atau Perjamuan Tuhan memiliki makna yang menyentuh tiga dimensi waktu, yaitu: 

1. Dimensi waktu masa lalu 
Dalam ajaran Alkitabiah, Perjamuan Kudus atau Perjamuan Tuhan mempunyai jangkauan ke masa lalu, yaitu merupakan suatu peringatan (Yun. anamnesis) - ayat 24-26. Peringatan dimaksud ialah kepada kematian Yesus di atas kayu salib bagi penebusan orang berdosa. Artinya bahwa di masa lalu Yesus telah mengorbankan diri-Nya demi keselamatan manusia. Yesus rela mati di atas kayu salib sebagai korban tebusan bagi kita. Inilah sebuah fakta Alkitab yang diingat ketika Perjamuan Kudus dilakukan. Kemudian melalui Perjamuan Kudus yang ada hubungannya dengan waktu masa lalu ialah sebagai suatu ucapan syukur (Yun. eucharistia) atas berkat-berkat dan keselamatan yang disediakan oleh Allah melalui pengorbanan Yesus. 


2. Dimensi waktu masa kini 
Dalam ajaran Alkitab, Perjamuan Kudus atau Perjamuan Tuhan, bukan saja bermakna waktu lampau tetapi juga punya makna waktu masa kini. Dimensi waktu masa kini menunjuk kepada suatu makna sebagai suatu persekutuan (Yun. koinonia) dengan Yesus Kristus. Ketika gereja melaksanakan Perjamuan Kudus atau Perjamuan Tuhan, maka Yesus hadir di dalam persekutuan tersebut - 1 Korintus 10:16. Kehadiran Yesus adalah untuk melawat umat-Nya, memberi iman dan pengharapan kepada umat-Nya dan memberi kesembuhan kepada umat-Nya serta memberi penghiburan bagi umat-Nya. Selanjutnya, Perjamuan Kudus atau Perjamuan Tuhan yang berkaitan dengan dimensi waktu masa kini ialah merupakan suatu pengakuan (Yun. kaine diatheke)akan kuasa, otoritas, kedaulatan dan ke-Tuhan-an Yesus Kristus atas gereja-Nya. 

3. Dimensi waktu masa yang akan datang
Dalam ajaran Alkitab, Perjamuan Kudus atau Perjamuan Tuhan bukan saja menjangkau dimensi waktu masa lalu dan dimensi waktu masa kini, tetapi juga menjangkau waktu masa yang akan datang. Dimensi waktu masa yang akan datang merupakan suatu jaminan akan ada bersama Yesus di dalam Kerajaan Sorga - Yohanes 14:3. 

Maksudnya ialah ketika gereja melaksanakan Perjamuan Kudus atau Perjamuan Tuhan, maka maknanya ialah memberi jaminan dan kepastian kepada gereja-Nya atau setiap orang yang percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi bahwa kita akan ada bersama Yesus di dalam Kerajaan Sorga pada masa yang akan datang. Lebih lanjut, Perjamuan Kudus atau Perjamuan Tuhan merupakan suatu tindakan mengharapkan kedatangan Yesus yang kedua kalinya. Ini meneguhkan kerinduan kita untuk bertemu muka dengan muka dengan Yesus di masa depan. Jadi, Perjamuan Kudus atau Perjamuan Tuhan memberi motivasi yang kuat kepada kita untuk setia menanti kedatangan Yesus untuk menjemput kita mempelai perempuan agar bersatu dengan Yesus sebagai mempelai laki-laki di Kerajaan Sorga.

Post a Comment for "Makna Perjamuan Kudus"