Translate

Bagaimana Hidup Dalam Rencana Dan Rancangan Tuhan?

Bagaimana hidup dalam rencana dan rancangan Tuhan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Mazmur 33:11, yaitu: “Tetapi rencana TUHAN tetap selama-lamanya,  rancangan hati-Nya turun-temurun”. Rencana dan rancangan Tuhan bagi kita itu sempurna dan tidak akan pernah gagal. Dari masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang rencana dan rancangan-Nya akan digenapi dalam kehidupan kita.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Bagaimana supaya kita bisa hidup dalam rencana dan rancangan Tuhan?”. Berdasarkan firman Tuhan, maka kita menemukan bahwa supaya kita bisa hidup dalam rencana dan rancangan Tuhan, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu:

1. Menemukan visi Tuhan dalam hidup kita.
Penulis kitab Mazmur dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan menemukan visi Tuhan dalam hidup kita, menulis: “Tetapi rencana TUHAN tetap selama-lamanya, rancangan hati-Nya turun-temurun” – Mazmur 33:11. Tuhan menghadirkan kita ke bumi ini bukan hanya sekedar kita hidup. Ada visi Tuhan yang harus digenapi di dalam dan melalui kehidupan kita. Itu sebabnya, untuk hidup dalam rencana dan rancangan Tuhan, kita harus mencari dan menemukan visi Tuhan dalam hidup kita. Untuk itu, kita harus banyak berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan, mengamati dan menganalisa segala sesuatu yang ada di seputar kita. Dengan cara demikian, maka pasti kita menemukan visi Tuhan dalam hidup kita.


2. Mengimani bahwa tidak ada yang dapat menggagalkan rencana Tuhan bagi kita.
Rasul Paulus dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan tidak ada yang dapat menggagalkan rencana Tuhan bagi kita, menulis: “Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita” – Roma 8:38-39.

Berdasarkan firman Tuhan di atas, maka untuk bisa hidup dalam rencana dan rancangan Tuhan, maka kita harus mengimani dan mengamini bahwa tidak ada apa pun dan siapa pun yang sanggup untuk menggagalkan rencana dan rancangan Tuhan bagi kita. Dengan sikap iman, semacam itu, kita tidak akan menyerah, putus asa dan kecewa dalam menjalani hidup ini karena kita tahu bahwa Tuhan dan rencana-Nya bagi kita tidak akan gagal. Penulis kitab Ayub menulis: “Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal” – Mazmur 42:2.


Hidup dalam rencana dan rancangan Tuhan itu selalu menggairahkan, memotivasi dan menginspirasi kita. Namun, kita harus tahu bahwa untuk hidup dalam rencana dan rancangan Tuhan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kendati demikian, bukan berarti kita tidak bisa untuk hidup di dalamnya. Caranya ialah: Satu, menemukan visi Tuhan dalam hidup kita. Dua, mengimani dan mengamini bahwa tidak ada yang dapat menggagalkan rencana dan rancangan Tuhan bagi hidup kita. Amin