Translate

Tindakan Sekarang Menentukan Masa Depan Kita

Tindakan sekarang menentukan masa depan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari Injil yang ditulis oleh penginjil Matius dalam Matius 18:15-20. Salah satu ayat yang ditulis menegaskan demikian: “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga” – Matius 18:18.

Kutipan firman Tuhan di atas memberi tekanan kuat kepada sikap dan tindakan kita selama berada di bumi ini. Sikap dan tindakan kita itu terkait dengan mengikat dan melepaskan. Yang kita ikat sekarang di bumi ini, tentu akan berdampak bukan saja pada masa kini tetapi memiliki dampak jangka panjang yaitu sampai kepada kekekalan. Lalu yang kita lepaskan sekarang di bumi ini, juga mempengaruhi atau berpengaruh bukan saja pada masa kini kita, tetapi juga kepada masa depan kita.

Oleh karena itu, dapat ditegaskan bahwa tindakan sekarang yang kita lakukan di bumi ini, sangat berpengaruh terhadap masa depan kita. Apa yang kita ikat di bumi ini akan kita bawa sampai ke sorga. Dan apa yang kita lepaskan di bumi sekarang, juga akan membebaskan kita ketika ada di sorga.


Ada sebuah cerita tentang seorang ibu yang berhasil membesarkan dan menjadikan anaknya sukses. Kesuksesan anak ini tidak terjadi begitu saja. Ibunya adalah salah seorang yang ada di balik kesuksesan yang berhasil diraihnya. Awalnya, dia hanya seorang anak kecil biasa dengan kepandaian yang pas-pasan.

Latar belakang keluarga pun bukan keluarga yang mampu. Namun, keadaan itu tidak membuat ibu ini patah semangat dalam membesarkan anaknya. Meskipun anaknya tidak tergolong pandai, sang ibu dengan tekun selalu berdoa dan selalu mengajarkan nilai-nilai kebenaran firman Tuhan kepada anaknya itu.

Singkat cerita, anak ini tumbuh menjadi anak yang takut akan Tuhan, anak yang selalu mengandalkan Tuhan. Dia menjadi anak yang rajin dan pandai sampai akhirnya dia berhasil menjadi pengusaha sukses. Apa yang sudah dilakukan ibunya mungkin tidak terlihat hasilnya secara langsung.

Namun, ternyata itu berdampak sepanjang pertumbuhan anaknya. Anak ini selalu memegang setiap firman yang diajarkan ibunya. Dia selalu ingat ketika ibunya dengan tidak jemu-jemu berdoa untuknya. Dia berhasil karena ada ibunya yang dengan setia dan tekun berdoa dan mengajarkan kebenaran kepadanya.

Banyak hal yang terjadi di dunia ini yang terkadang tidak bisa kita pahami dan mengerti. Ada hal-hal buruk yang tiba-tiba terjadi, ada pula kegerakan Roh Allah yang luar biasa yang terjadi. Setiap hal yang terjadi itu tidak bisa dilepaskan dari apa yang tidak bisa kita lihat dengan mata jasmani kita. Ketika hal buruk terjadi, kuasa jahat bekerja di alam roh yang tidak terlihat. Sebaliknya, ketika kegerakan terjadi, Roh Kudus yang bekerja untuk menyelamatkan dunia.

Apa yang sedang kita alami atau hadapi juga tidak bisa terlepas dari apa yang tidak bisa kita lihat. Kita tidak bisa hanya berpikir kalau semua terjadi hanya kebetulan saja. Di balik setiap keadaan yang terjadi dalam kehidupan kita, semua ada pengaruhnya dari yang tidak terlihat. Entah itu sakit penyakit, pertengkaran, ketakutan. Alkitabpun memberitahu kita: Apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.

RENUNGAN
Sadarilah bahwa banyak hal yang terjadi di sekeliling kita DIPENGARUHI oleh apa yang TIDAK DAPAT KITA LIHAT.

APLIKASI
Apakah masalah yang sedang Anda hadapi saat ini? Sudahkah kita menyadari adanya pengaruh dari apa yang tidak bisa kita lihat dalam hidup kita?

Post a Comment for "Tindakan Sekarang Menentukan Masa Depan Kita"