Translate

Cara Menaklukkan Roh Ketakutan

Cara menaklukkan roh ketakutan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Yesaya 41:8-20. Dalam Yesaya 41:10, nabi Yesaya menegaskan bahwa: “Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan”.

Setiap kita dalam hidup ini pasti pernah mengalami apa yang disebut dengan ketakutan. Saya sendiri mengalaminya ketika waktu masih remaja saat orangtua saya memerintahkan untuk membeli sembako saat malam hari. Di kampong saya untuk membeli sembako ke took jarak agak jauh dan harus melewati pohon besar dan jembatan yang panjang.

Menurut cerita bahwa di pohon besar itu berkumpul kuntilanak, setan dan hantu. Tentu cerita rakyat itu membuat saya sangat takut. Lalu jembatan yang panjang di kampong kami menurut certia dibangun dengan adanya tumbal manusia. Ini mengerikan dan kalau kita melewatinya di malam hari maka ada suara yang menjerit. Ini membuat bulu kuduk berdiri.

 Ketakutan adalah salah satu senjata terampuh dalam peperangan. Jangankan melawan musuh, para tentara yang dikuasai rasa takut tidak akan pernah bisa melangkah ke medan perang. Rahasia inilah yang Goliat dan tentara Filistin manfaatkan. Dengan penampilan bagaikan raksasa, perlengkapan perang bak pendekar, dan suara menggelegar, Goliat menebarkan kecemasan dalam hati tentara Israel.

Sampai-sampai tentara Israel terkuat sekalipun tidak berani menghadapinya. Sampai Daud datang. Saat itu, ia hanyalah penggembala kambing domba dan sedikit pun tidak memiliki pengalaman perang. Namun, keyakinannya kepada Allah membuat Daud siap menghadapi musuh seketika itu juga. Kesiapan inilah yang mendorongnya maju dengan penuh keberanian dan berhasil membalikkan keadaan.

Hari-hari ini, Iblis pun menebarkan roh ketakutan di tengah anak-anak Tuhan. Dengan kebohongannya, ia membuat segala persoalan yang kita hadapi terlihat sangat besar bagi kita. Tanpa kita sadari, ia menanamkan ide bahwa kita tidak mungkin bisa mengatasi rumitnya permasalahan keuangan, keluarga, studi, pekerjaan, atau bahkan pelayanan kita.

Terlampau sering, kita membiarkan ketidakberdayaan melumpuhkan kita dalam ketakutan. Seolah tak ada lagi yang bisa dilakukan, kita hanya menantikan kehancuran menghampiri hidup kita. Akhirnya kita kalah, bahkan sebelum berjuang.

Sementara pasrah terlihat seperti jalan termudah, Tuhan menghendaki kita untuk bangkit. Berhentilah mengimani kebohongan musuh. Imani rencana Tuhan yang akan membawa kita dari kemuliaan sampai kemuliaan. Kapan pun ketakutan meliputi kita, pandanglah Yesus. Dia telah berjanji untuk tidak pernah membiarkan dan meninggalkan kita sendirian.

Dengan tangan kanan-Nya yang membawa kemenangan, Tuhan akan menuntun kita berjalan melampaui segala ketidakmampuan dan ketidakberdayaan kita. Ya, hampirilah takhta kasih karunia-Nya dengan penuh keberanian, sebab di dekat-Nya, ketakutan pun sirna. Bahkan, ketakutan yang kita taklukkan bersama Tuhan akan diubahkan-Nya menjadi kekuatan yang meneguhkan hati kita. Kita pun dapat bangkit dan siap menjawab panggilan-Nya menjadi tentara Allah.

RENUNGAN
Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, dengan penuh KEBERANIAN, berdirilah tegap dan KALAHKAN ROH KETAKUTAN; bersama TUHAN kita tidak pernah berada di pihak yang kalah

APLIKASI
1. Apa saja ketakutan yang tengah Anda hadapi sekarang ini? Dari manakah ketakutan itu berasal? 
2. Mengapa Anda perlu mengalahkan ketakutan Anda?
3. Bagaimana Anda dapat menaklukkan ketakutan itu dan menyiapkan hati Anda untuk maju berperang?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami percaya Engkau selalu bersama kami. Biarlah kami menetapkan pandangan kami pada wajah-Mu saja. Kami percaya, bersama-Mu tak ada yang tak bisa kami lakukan. Kami siap, ya, Tuhan, untuk menjadi tentara-Mu dan membawa kemuliaan bagi nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Post a Comment for "Cara Menaklukkan Roh Ketakutan"