Translate

Membangkitkan Tulang Kering Menjadi Pahlawan

Membangkitkan tulang kering menjadi pahlawan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari Yoel 3:9-12. Nabi Yoel dalam salah satu ayatnya menuliskan bahwa: “Tempalah mata bajakmu menjadi pedang dan pisau-pisau pemangkasmu menjadi tombak; baiklah orang yang tidak berdaya berkata: "Aku ini pahlawan!" – Yoel 3:10.

Pada umumnya orang memahami bahwa yang disebut pahlawan itu ialah mereka yang hidup dan membela kepentingan banyak orang. Itulah yang disebut sebagai pahlawan. Namun, tema kita kali ini berbicara tentang tulang kering yang menjadi pahlawan. Pasti para pembaca akan bertanya-tanya bagaimana mungkin tulang kering bisa menjadi pahlawan?

Namun, dalam kitab Yoel di atas pahlawan menunjuk kepada orang yang tidak berdaya, yang tidak memiliki kemampuan dan juga tidak punya sesuatu untuk diandalkan. Orang-orang semacam itulah yang dipandang sebagai tulang kering.



Ketika umat Yehuda merasa tidak berdaya, Allah berfirman lewat nabi Yoel. Dia mengingatkan, meski mereka baru saja menghadapi wabah belalang yang menghancurkan kebun anggur serta ladang mereka, dan mendengarkan kabar serbuan pasukan asing, harapan mereka di dalam-Nya tidak akan hilang.

Jika mereka berbalik kepada Tuhan dengan segenap hati, Dia akan memulihkan dan melakukan perkara-perkara besar yang mendatangkan sukacita bagi mereka. Tuhan akan mencurahkan berkat materi dan juga berkat rohani. Sedemikian besar dan hebatnya berkat yang Tuhan sediakan, sampai Tuhan ingin seluruh bagian dari bangsa Israel terlibat di dalamnya.

Bukan hanya prajurit atau panglima perang, Tuhan juga memerintahkan petani dan gembala memanfaatkan perkakas mereka untuk ambil bagian dalam peperangan, meraih kemenangan, serta merayakannya. Orang yang sebelumnya tidak pernah berpikir untuk maju berperang, Tuhan bangkitkan menjadi pahlawan bagi bangsanya.

Peristiwa di zaman yang jauh lampau ini adalah bayangan dari nubuatan akhir zaman. Dalam kitab Yoel, kita menemukan Tuhan berfirman bahwa Dia akan mencurahkan Roh-Nya ke atas semua manusia. Seperti bangsa Israel di saat itu, siapa pun kita, Tuhan ingin kita mengambil bagian dalam kebangkitan yang direncanakan-Nya. Ya, sekarang waktunya Tuhan memulihkan umat-Nya di akhir zaman. Tuhan rindu memunculkan para pahlawan-Nya melalui gereja-Nya.

Sudah terlalu lama anak-anak Tuhan hanya diam dan menunggu datangnya revival yang Tuhan janjikan. Kerinduan saja tidak cukup. Kita harus mulai mengambil langkah nyata. Dokter menggunakan profesinya menyembuhkan pasien dan mengabarkan Injil; guru mengajarkan ilmu akademik sekaligus menabur benih firman; pengusaha dan karyawan memanfaatkan hubungan untuk mencerminkan pribadi Kristus di dunia. Setiap aktivitas kita manfaatkan untuk memenangkan jiwa-jiwa. Kita yang selama ini seperti tulang-tulang kering yang tidak berdaya, yang seolah tidak bisa berbuat banyak bagi Tuhan, akan dibangkitkan-Nya. Selemah apa pun kita, Tuhan ingin kita mengatakan, "Aku ini pahlawan!"

RENUNGAN

Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, inilah saatnya Tuhan MEMBANGKITKAN TULANG-TULANG KERING menjadi PAHLAWAN DI AKHIR ZAMAN

APLIKASI
1. Apakah yang Anda rasakan tentang diri Anda sendiri? Sudahkah Anda berkontribusi dalam kebangkitan yang kini tengah dikerjakan Tuhan? 

2. Mengapa Tuhan ingin kita bangkit dan menyebut diri sebagai pahlawan?
3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mulai bangkit bagi Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, Engkau yang memahami apa yang kami rasakan tentang diri kami sendiri. Namun, terlebih dari yang kami rasakan, Engkau melihat kami sebagai pahlawan-Mu. Meski sekarang kami bagaikan tulang-tulang kering, bangkitkanlah kami demi kemuliaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

Post a Comment for "Membangkitkan Tulang Kering Menjadi Pahlawan"